ANALISIS PRODUK CILOK KUAH
CILOK KUAH
Nama kelompok:
Aisyah Nur Pratiwi
Azzahra Khamila Putri
Cantika Aprilia
Gita Cahyani
Novita Anggraeni
Wahyu Nur Firdaus
ANALISIS PRODUK
Deskripsi tentang produk/jasa yang Anda pasarkan. Deskripsi yang dibuat terdapat unsur:
Nama Produk atau Brand
Spesifikasi Produk/Jasa
Segmentation
Targeting
Positioning
Product, Price, Place dan Promotion
Existing Competitor
Penyelesaian :
Nama Produk atau Brand
Nama produk yang saya pasarkan adalah “CILOK KUAH”. Cilok kuah merupakan salah satu jenis makanan yang berbahan dasar terigu dan Aci Sebetulnya, bukan hanya terigu dan aci yang menjadi bahan dasar utamanya, karena, untuk dapat membuat cilok kuah ini, si pengrajin juga harus mempersiapkan bahan lainnya seperti terigu, tepung kanji,air,irisan bawang putih, penyedap rasa dan tempat yang strategis, alatnya (bisa dari panci centong dan sebagainya). Adapun keunggulan yang dimiliki cilok kuah ini adalah memiliki aneka rasa yg pedas. Cocok untuk pencinta pedas. Selain itu, cilok kuah yang berbahan dasar terigu dan aci ini dikenal cukup enak peminatnya untuk cemilan siang hari
Untuk spesifikasi barang kami memiliki bentuk yang bulat kecil dan bulat besar.
Segmentation
Segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi suatu kelompok pembeli yang berbeda. Kami ingin produk tersebut menjangkau pasar lebih luas dengan menjadikannya sebagai produk favorit dari berbagai kalangan.
Targeting
Adapun yang menjadi target dalam pemasaran produk “Cilok Kuah” ini adalah diutamakan kepada konsumen yang memang menyukai pedas, menyukai cilok, terutama dikhususkan kepada kalangan remaja..
Positioning
Positioning mengacu pada tempat sebuah merek menempati dalam benak pelanggan dan bagaimana merek tersebut dibedakan dari produk pesaing dan berbeda dari konsep kesadaran merek. Jadi, positioning terhadap produk “Cilok Kuah” yang Kami pasarkan ini, bisa diingat dan tertanam didalam benak konsumen bahwa cilok kuah ini pedas dan gurih.
Product, Price, Place dan Promotion
Untuk price/harganya, Cilok Kuah ini dijual dengan harga mulai dari Rp 7.000
Untuk place/tempatnya, Cilok Kuah ini bisa dijual dan dipasarkan di tempat-tempat yang strategis, seperti area sekolah atau bazar.
Untuk promotion/promosi dari cilok kuah ini dapat dipromosikan dengan cara sampai menyampaikan dari mulut ke mulut, dari teman ke teman, tetangga ke tetangga dan bisa juga melalui media sosial seperti; instagram, facebook, dan WhatsApp
Existing Competitor
Untuk mengatasi existing competitor/pesaing yang ada, karena cilok kuah ini juga banyak dipasarkan dan dijual oleh orang lain, maka, dapat diatasi dengan lebih menonjolkan bagaimana rasa dan packaging dari produk “cilok kuah” ini misalnya dibuat dengan rasa yang lebih kuat, packaging yang unik dan lain sebagainya yang dapat dijadika ciri khusus dari produk yang dipasarkan, sehingga pembeli lebih mudah mengingat dan mengetahui produk yang dipasarkan sehingga produk yang dipasarkan tetap menguasai benak konsumen tanpa terlupakan.
Komentar
Posting Komentar