ANALISIS PRODUK CILOK KUAH

 CILOK KUAH


Nama kelompok:

Aisyah Nur Pratiwi

Azzahra Khamila Putri

Cantika Aprilia

Gita Cahyani

Novita Anggraeni

Wahyu Nur Firdaus



ANALISIS PRODUK

Deskripsi tentang produk/jasa yang Anda pasarkan. Deskripsi yang dibuat terdapat unsur:

Nama Produk atau Brand

Spesifikasi Produk/Jasa

Segmentation 

Targeting

Positioning

Product, Price, Place dan Promotion

Existing Competitor

Penyelesaian :

Nama Produk atau Brand

Nama produk yang saya pasarkan adalah “CILOK KUAH”.  Cilok kuah merupakan salah satu jenis makanan yang berbahan dasar terigu dan Aci Sebetulnya, bukan hanya terigu dan aci yang menjadi bahan dasar utamanya, karena, untuk dapat membuat cilok kuah ini, si pengrajin juga harus mempersiapkan bahan lainnya seperti terigu, tepung kanji,air,irisan bawang putih, penyedap rasa dan tempat yang strategis, alatnya (bisa dari panci centong dan sebagainya). Adapun keunggulan yang dimiliki cilok kuah ini adalah memiliki aneka rasa yg pedas. Cocok untuk pencinta pedas. Selain itu, cilok kuah yang berbahan dasar terigu dan aci ini dikenal cukup enak peminatnya untuk cemilan siang hari

Spesifikasi Produk/Jasa

Untuk spesifikasi barang kami memiliki bentuk yang bulat kecil dan bulat besar.

Segmentation

Segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi suatu kelompok pembeli yang berbeda. Kami ingin produk tersebut menjangkau pasar lebih luas dengan menjadikannya sebagai produk favorit dari berbagai kalangan.

Targeting

Adapun yang menjadi target dalam pemasaran produk “Cilok Kuah” ini adalah diutamakan kepada konsumen yang memang menyukai pedas, menyukai cilok, terutama dikhususkan kepada kalangan remaja..

Positioning

Positioning mengacu pada tempat sebuah merek menempati dalam benak pelanggan dan bagaimana merek tersebut dibedakan dari produk pesaing dan berbeda dari konsep kesadaran merek. Jadi, positioning terhadap produk “Cilok Kuah” yang Kami pasarkan ini, bisa diingat dan tertanam didalam benak konsumen  bahwa cilok kuah ini pedas dan gurih.

Product, Price, Place dan Promotion

Untuk price/harganya, Cilok Kuah ini dijual dengan harga mulai dari Rp 7.000

Untuk place/tempatnya, Cilok Kuah ini bisa dijual dan dipasarkan di tempat-tempat yang strategis, seperti area sekolah atau bazar.

Untuk promotion/promosi dari cilok kuah ini dapat dipromosikan dengan cara sampai menyampaikan dari mulut ke mulut, dari teman ke teman, tetangga ke tetangga dan bisa juga melalui media sosial seperti; instagram, facebook, dan WhatsApp

Existing Competitor

Untuk mengatasi existing competitor/pesaing yang ada, karena cilok kuah ini juga banyak dipasarkan dan dijual oleh orang lain, maka, dapat diatasi dengan lebih menonjolkan bagaimana rasa dan packaging dari produk “cilok kuah” ini misalnya dibuat dengan rasa yang lebih kuat, packaging yang unik dan lain sebagainya yang dapat dijadika ciri khusus dari produk yang dipasarkan, sehingga pembeli lebih mudah mengingat dan mengetahui produk yang dipasarkan sehingga produk yang dipasarkan tetap menguasai benak konsumen tanpa terlupakan.


Komentar